Sunday, June 5, 2011

Para "Hacker" Gelar Konferensi Internasional


Budapest: Hacker atau peretas yang selama ini dinilai negatif oleh masyarakat karena kepiawaiannya dalam menggunakan perangkat lunak ataupun perangkat keras komputer menggelar konferensi internasional di Budapest, Hongaria. Konferensi yang bertajuk "Hacktivity 2010" ini merupakan konferensi teknologi terbesar di Eropa Tengah yang diadakan selama dua hari, Sabtu (18/9) dan Ahad (19/9).

Sekitar 700 hacker yang menghadiri konferensi ini kebanyakan berasal dari Hungaria, namun sekitar 100 orang datang dari luar Hungaria. Sekitar 30 presentasi dan kuliah tentang subyek yang berhubungan dengan dunia internet disajikan pada konferensi tersebut. Topik pembicaraan termasuk perbandingan keamanan database terkemuka, hak-hak hukum di era digital, tuntutan hukum yang berkaitan dengan keamanan, serta sejarah dan masa depan keamanan internet.

Bruce Schneier, pakar keamanan Internet membuka konferensi dengan sesi tanya-jawab. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan banyak berfokus pada keamanan, privasi, dan kesenjangan generasi pada Internet.

Konferensi hacker pertama kali diadakan pada 2002. Pada konferensi kala itu, para hacker melakukan lokakarya, serta permainan seperti "Hack Vendor," dan "Capture The Flag" dengan pemenang adalah hacker yang dapat membuat sistem pertahanan tercepat.

Sumber: Liputan 6